Strategi Pemasaran Berbasis Sosial Media Guna Peningkatan Penjualan Di Toko Bangunan Umbul Rejeki

Penulis

  • Awaludin Awaludin Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Audita Nuvriasari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.16

Kata Kunci:

Pemasaran digital, Promosi, digital marketing

Abstrak

Teknologi dan informasi mempunyai pengaruh yang kuat terhadap perkembangan dunia usaha. Termasuk bagian pemasaran yang harus dikuasai dalam bidang bisnis apapun. Pemasaran digital merupakan salah satu media pemasaran yang banyak diminati masyarakat dalam menunjang berbagai aktivitas. Permasalahan pada Toko Bangunan Umbul Rejeki (UBER) adalah kurangnya pengetahuan mengenai digital marketing. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat beberapa program yang mudah dilaksanakan namun dapat memberikan dampak yang signifikan bagi Toko Bangunan Umbul Rejeki (UBER), seperti sosialisasi digital marketing, optimalisasi Instagram dan facebook, serta pembuatan katalog produk yang dijual. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini antara lain melakukan praktik kerja oleh mahasiswa, wawancara, observasi serta dokumentasi langsung di lapangan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain telah dilakukan sosialisasi mengenai digital marketing, pengaktifan kembali Instagram yang ada dan membuat akun Facebook,  serta pembuatan katalog produk-produk yang dijual di Toko Bangunan Umbul Rejeki.

Referensi

Aghivirwiati, G. A., Kusuma, I. G. N. A., & Hadi, R. (2022). Perluasan Pemasaran Toko Bahan Bangunan Meltarina Tukad Badung Denpasar Melalui Digitalisasi Secara Daring. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(9), 2347-2354.

Alfiyani, A. (2022). Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada produk bahan bangunan di masa pandemi Covid-19 Di Toko Bangunan Sidik Putra Selong Lombok Timur (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Asniar, A. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Pembeli Pada Toko Harapan Bangunan Padang Sappa Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Duanda, R. (2021). Dampak Aliran Online Terhadap Pengalaman dan Loyalitas Merek (Studi Pada Situs Belanja Online Matahari. com (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA).

Fauzi, A., & Poernomo, E. (2017). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Pada Supermarket Bahan Bangunan Mitra 10 Surabaya. Jurnal Akuntansi Jayanegara, 9(1), 25-35.

Kurniawan, N. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Di Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Pinanggih, R. A., Saputra, I., Usman, S., Muhazar, M., & Martunis, M. (2022). The Effect of Marketing Mix on Patient Retention at the Regional General Hospital (RSUD) Datu Beru Takengon. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2).

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.

Yanto, F., & Heryanto, S. (2022). Katalog Bahan Bangunan Menggunakan Augmented Reality 3d. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 20-25.

Zahro, S. L. (2019). Implementasi bauran promosi dalam upaya meningkatkan volume penjualan pada Toko Bangunan Tunggal Tata di Tuban Jawa Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Diterbitkan

21-04-2024

Cara Mengutip

Awaludin, A., & Nuvriasari, A. (2024). Strategi Pemasaran Berbasis Sosial Media Guna Peningkatan Penjualan Di Toko Bangunan Umbul Rejeki. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(1), 33–43. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.16