Sosialisasi Strategi Branding Dan Promosi Proyek Perumahan Dan Properti Untuk Siswa Pemasaran Di Smk Bina Jaya Palembang
DOI:
https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.3.87Kata Kunci:
Branding, Digital Marketing, Pemasaran Properti, Perumahan, SosialisasiAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk mengatasi permasalahan mitra berupa rendahnya pemahaman siswa jurusan pemasaran terhadap aspek teknis proyek perumahan, seperti struktur bangunan, material, dan tahapan konstruksi. Kondisi tersebut menyebabkan konten promosi properti yang dihasilkan kurang akurat dan informatif. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan teknis siswa serta mengintegrasikannya dengan strategi branding dan promosi properti. Metode pelaksanaan meliputi ceramah interaktif, pemaparan gambar rencana bangunan, penjelasan tahapan konstruksi, serta pendampingan pembuatan media promosi digital berupa poster dan video. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman teknis siswa sebesar 80% ke atas berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test, serta dihasilkannya tiga rancangan media promosi digital berbasis informasi teknis bangunan. Kegiatan ini memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kompetensi lintas disiplin dan kesiapan kerja siswa di bidang pemasaran properti.
Referensi
Arischa, L. Y. (2022). Penerapan digital marketing dan offline marketing guna meningkatkan penjualan di era new normal oleh PT Musawa Jaya Perkasa [Disertasi doktoral, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. Institutional Repository Universitas Islam Sultan Agung.
Assa’ady, M. C. U., Febriana, W., Wardi, P. A., Talidobel, S., & Nirwana, B. N. (2024). Eksplorasi Strategi Branding dalam Meningkatkan Citra Perusahaan di Era Digital. TheJournalish: Social and Government, 5(4), 409-419.
Az-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008-2018.
Handayani, A. P. (2025). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran PT Analis Properti Indonesia. Media Komunikasi Efektif, 2(1), 7-14.
Herdiansah, A., Handayani, T., & Yunita, E. (2020). Rancang bangun sistem pemasaran properti berbasis web: Studi kasus PT Akila Trijaya. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 8–17. https://doi.org/10.33557/matrik.v22i1.1234
Hertin, R. D., Zuhriyah, H., Pitra, A., Istiqomah, N. A., Nadam, F., Arzika, C., & Iqbal, J. (2025). Pelatihan digital marketing: Pembuatan content marketing dan social media untuk mendukung program kewirausahaan siswa BMW (Bekerja, Melanjutkan, dan Wirausaha) di SMKN 1 Cileungsi. Jurnal Abdi Insani, 12(4), 1330–1335. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i4.5732
https://doi.org/10.32502/jebd.v3i2.4517
Pramudya, R. K., Imsa, M. A., & Kholik, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran PT Elite Pro dalam Bisnis Properti Di Era Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9777-9789.
Saputri, K. D. (2018). Analisis strategi pemasaran perumahan syariah ditinjau dari segi marketing mix 7P: Studi kasus Kirai Park Residence [Skripsi sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. Institutional Repository UIN Jakarta.
Setiawan, A. T., & Fauziah, S. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA USAHA PROPERTI PT. SIER DALAM MENINGKATKAN AWARENESS. Jurnal Bisnis Indonesia, 16(2).
Wikuncoko, R. D., & Latif, A. T. (2025). Optimalisasi Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan Properti: Studi Kasus Proyek Samesta East Point Perum Perumnas. EDU SOCIETY: JURNAL PENDIDIKAN, ILMU SOSIAL DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(1), 1244-1262.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rachmat Hakiki, Ibrahim, Rajinda Saydzali Bintang, Michel Nabila Aljauziyah, Zakly Beni Perdana, Nadiah Lathifah Almudabbir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







