Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Cingebul melalui Pelatihan Pembuatan Konten Video sebagai Promosi Digital menggunakan Aplikasi InShot

Penulis

  • Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Sisilia Thya Safitri Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Toni Anwar Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Khairun Nisa Meiah Ngafidin Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Tanzil Aziim Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Delia Pebina Boru Ginting Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Wahyu Nurfida Agustin Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia
  • Maghda Luqyana Program Studi Sistem Informasi, Universitas Telkom, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.1.68

Kata Kunci:

Desa Cingebul, Digital Marketing, InShot, UMKM

Abstrak

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Desa Cingebul menghadapi tantangan dalam memasarkan produk secara digital, terutama melalui konten visual yang menarik di media sosial. Rendahnya literasi digital dan minimnya keterampilan dalam pengelolaan konten video menjadi hambatan dalam meningkatkan visibilitas dan daya saing produk lokal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelaku UMKM dalam membuat video promosi menggunakan aplikasi InShot yang mudah diakses melalui perangkat smartphone. Metode yang digunakan adalah pelatihan partisipatif yang mencakup penyuluhan, demonstrasi, dan praktik langsung, dengan pendekatan learning by doing. Sebanyak 50 peserta dilibatkan, yang sebagian besar belum pernah menggunakan aplikasi InShot sebelumnya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa lebih dari 75% peserta berhasil menyusun video promosi berdurasi pendek sesuai standar platform Instagram Reels dan TikTok, termasuk penggunaan fitur teks, musik, dan pemotongan video. Peserta juga menunjukkan peningkatan minat dan kepercayaan diri dalam mengunggah konten promosi di media sosial. Meskipun demikian, masih ditemukan kendala pada aspek teknis seperti pengaturan transisi dan narasi visual. Hal ini menunjukkan perlunya pendampingan lanjutan untuk memperkuat keterampilan teknis dan konsistensi promosi digital peserta. Kesimpulannya, pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan digital UMKM Cingebul, dan menjadi langkah awal yang penting menuju transformasi pemasaran berbasis konten kreatif.

Referensi

Achmad, Z. A., Kalis, A. I. R., Vanessa, D. S., & Wahyuningsih, D. T. (2024). Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI sebagai Bentuk Pemerataan Teknologi di Pulau Batam, Kepulauan Riau. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 3(4).

Kurniasih, D. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Teknologi Digitalisasi Di Kabupaten Banyumas. Dinamika Governance: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(4).

Kurniawan, R., Hamonangan, R., Muhaimin, A., & Fatkaozi, A. R. (2023). Pelatihan Video Editing Sebagai Sarana Kreativitas Dan Peningkatan Ekonomi Digital Masyarakat. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4).

Musantono, A. E., Hadiq, Hapsari, A. A., & Samudra, D. A. D. P. (2025). Pelatihan Pembuatan Video Untuk Kebutuhan Marketing Digital Di Jam’iyah Romot Desa Badean. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIKAT), 1(2).

Muslimin, Zainuddin, M. Z., & Saputra, M. K. (2022). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha UMKM Sederhana Studi Kasus Desa Konda Kec. Konda. Sultra Journal of Economic and Business, 3(2).

Mustika, I. W. W., & Maulidah, S. B. J. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi (JRMK), 3(1).

Novita, & Sundari, R. (2023). Demonstrasi Pembuatan Konten Kreatif Pada Media Sosial Dalam Promosi Produk UMKM. JPK: Jurnal Pengabdian Kompetitif, 2(2).

Prasetyo, M. A. W., Safitri, S. T., Ngafidin, K. N. M., Fatoni, M. Y., Anwar, T., & Fernandez, S. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi UMKM Desa Cingebul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 7(4).

Proborini, A. L. (2024). Pelatihan Video Editing Untuk Meningkatkan Jangkauan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta. BESIRU: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(9).

Purba, F. R., Susilo, F. R. A., Hartadhi, J. J., Junaedi, M., & Murtiningrum, A. Y. O. (2024). Pelatihan Pembuatan Video Produk Untuk Media Sosial UMKM Di Embung Tirta Kencana. Servirisma: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Sudjianto, J. A., & Sudjanarti, D. (2022). Pembuatan Iklan Video Menggunakan Aplikasi Inshot Di Instagram Untuk Meningkatkan Minat Beli Pada Cobaenta Surabaya. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2).

Utama, L., Florensia, S., Charity, A., & Darmasaputra, A. (2024). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Kinerja Sosial Media. Jurnal Serina Abdimas, 2(3).

Virgiyanti, D. F., Manaanu, Y. Al, Kamaluddin, I., Kurniawan, B. G., Wicaksana, F. A., Yogaiswari, K. A., Kurniawan, A. R., & Sasongko, Y. B. (2025). Manajemen pemasaran digital untuk meningkatkan daya saing UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 6(1).

Diterbitkan

05-08-2025

Cara Mengutip

Wiedanto Prasetyo, M. A., Safitri, S. T. ., Anwar, T. ., Ngafidin, K. N. M. ., Aziim, T. ., Ginting, D. P. B., Agustin, W. N. ., & Luqyana, M. . (2025). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Desa Cingebul melalui Pelatihan Pembuatan Konten Video sebagai Promosi Digital menggunakan Aplikasi InShot. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.1.68