Penyuluhan Cyberbullying dan Etika Digital bagi Siswa Sekolah Dasar di SDIT Ar Royyan Pekanbaru Riau berbasis Teknologi Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.3.92Kata Kunci:
cyberbullying, Etika Digital, Sekolah Dasar, Penyuluhan, InteraktifAbstrak
Penggunaan teknologi digital yang semakin meluas di kalangan siswa sekolah dasar memberikan peluang besar dalam proses pembelajaran, namun juga menghadirkan risiko serius berupa cyberbullying dan perilaku bermedia yang tidak etis. Permasalahan yang ditemukan di SDIT Ar Royyan Pekanbaru menunjukkan bahwa banyak siswa terlibat dalam tindakan seperti ejekan di media sosial, komentar kasar, penggunaan bahasa tidak sopan saat bermain game daring, hingga tindakan lain seperti penyebaran pesan bernada merendahkan dan pelecehan verbal digital. Minimnya literasi digital, rendahnya etika berinternet, serta kurangnya edukasi formal mengenai keamanan digital menjadikan siswa rentan menjadi pelaku maupun korban perundungan siber. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya cyberbullying dan menanamkan etika digital melalui pendekatan edukatif dan interaktif berbasis teknologi. Metode kegiatan meliputi presentasi visual, video edukatif, diskusi kelompok, kuis digital, serta roleplay yang menggambarkan kasus nyata seperti flaming, harassment, trolling, impersonation, dan outing. Kegiatan diikuti oleh 30 siswa kelas IV dan V, diawali dengan pre-test yang menunjukkan hanya 45% siswa mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk cyberbullying beserta dampaknya. Setelah penyuluhan, hasil post-test meningkat signifikan menjadi 87%. Selain peningkatan kognitif, observasi lapangan menunjukkan perubahan sikap positif, seperti meningkatnya kehati-hatian siswa dalam berkomentar, menurunnya penggunaan bahasa kasar saat bermain daring, serta tumbuhnya empati terhadap korban cyberbullying. Guru pendamping juga melaporkan bahwa siswa mulai lebih terbuka dalam membicarakan pengalaman digital mereka dan meminta bimbingan dalam menggunakan media sosial dengan bijak. Kegiatan ini membuktikan bahwa pendekatan edukatif berbasis teknologi, dipadukan dengan metode partisipatif seperti roleplay dan gamifikasi, sangat efektif dalam meningkatkan literasi digital, kesadaran etika bermedia, dan kemampuan siswa dalam mengenali serta mencegah berbagai bentuk cyberbullying.
Referensi
Alifian, N., & Muliasari. (2019). Dampak perilaku. November.
Asalnaije, E., Bete, Y., Manikin, M. A., Labu, R. A., Apriayanto, S., Tira, D., & Lian, Y. P. (2024). Bentuk-Bentuk Cyberbullying Di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 6465–6473.
Farandy, F., Nusa, R., Rasmawan, A. T., Ahmad, S., Ardhika, W. A., & Halky, F. (2024). Pengaruh Digitalisasi Dalam Maraknya Kasus Bullying Di Lingkungan Masyarakat. 109–120.
Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679
Hamzah, R. E., Putri, C. E., Saifulloh, M., & Pranawukir, I. (2025). Digital Literacy and Positive Bystander Intervention in Preventing Adolescent Cyberbullying. 4(2), 329–342.
Harahap, H., Syarifah, L., Rianita, R., & Jati, P. Z. (2025). JES-TMC Edukasi Interaktif Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Pencegahan Cyber Bullying di Sekolah Dasar. 2, 2–5.
Sari, D. P., Studi, P., Program, K., Pendidikan, D. A. N., Bidan, P., Farmasi, F., Islam, U., & Agung, S. (2024). Hubungan Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Di Smp Negeri 20 Semarang Cyberbullying Pada Remaja Di.
Tjongjono, B., Gunardi, H., Pardede, S. O., & Wiguna, T. (2019). Perundungan-siber (Cyberbullying) serta Masalah Emosi dan Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta Pusat. Sari Pediatri, 20(6), 342. https://doi.org/10.14238/sp20.6.2019.342-8
Welly, W., & Rahma, G. (2022). Cyberbullying Selama Pembelajaran Daring pada Anak Sekolah Dasar. Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(2), 380. https://doi.org/10.33757/jik.v6i2.613
Zuhriyah, A., Damayanti, D., & Safitri, W. E. (2025). Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop The Long-Term Impact of Bullying During Primary School on Children ’ s Mental Health. 5, 30–36.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Refni Wahyuni, Yuda Irawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







