Pelatihan Evaluasi Pengembangan Produk Sistem Layanan Khusus E-Recapitulation Of Library's Visitors Berbasis Digitalisasi di SDN Pisangcandi 1 Mala

Penulis

  • Lovina Kharisma Enjelica Universitas Negeri Malang, Indonesia.
  • Fiyan Eliska SDN Pisangcandi 1 Malang, Indonesia.
  • Djum Djum Noer Benty Universitas Negeri Malang, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.9

Kata Kunci:

Digitalisasi, E-Rebrav, Layanan, Pengembangan, Sistem

Abstrak

Pelatihan evaluasi sistem aplikasi E-Recapitulation of  Library’s (E-Rebrav) sangat menjadi pertimbangan dalam layanan khusus perpustakaan. Pengembangan dan pengoperasian aplikasi E-Rebrav di SDN Pisangcandi 1 Malang berhasil dioperasikan selama perpustakaan dibuka kembali setelah dilakukan pelatihan bersama staf perpustakaan dan salah satu guru terpilih. Pengembangan layanan digitalisasi perpustakaan di SDN Pisangcandi 1 Malang memerlukan sumber daya manusia sebagai pengelolaan. Tujuan pengabdian ini sebagai pelatihan evaluasi dan pengembangan keprofesian kepada staf perpustakaan maupun guru tentang penggunaan aplikasi E-Rebrav. Selain itu juga digunakan untuk pengembangan terhadap layanan perpustakaan yang efektif dan efisien. Metode pelaksanaan yang digunakan yaitu survei, wawancara, perancangan produk, uji coba oleh penguji dan latar permasalahan, pelatihan pengoperasian aplikasi, pengoperasian aplikasi, dan evaluasi terhadap para pengguna aplikasi E-Rebrav. Evaluasi dilakukan setelah pengoperasian berhasil dilakukan selama tiga bulan. Hasil dari evaluasi memperoleh penilaian oleh sekolah bahwa aplikasi E-Rebrav sangat memberikan kemudahan terhadap kinerja staf perpustakaan. Sekolah juga memberikan apresiasi tentang manfaat dan dampak dari aplikasi E-Rebrav. Terutama berhubungan dengan pemberian reward kepada peserta didik yang menjadi pengaruh terhadap peningkatan minat baca peserta didik di perpustakaan SDN Pisangcandi 1 Malang.

Referensi

Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87

Apriyani, D., Harapan, E., & Hotman. (2021). Manajemen Perpustakaan Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 6(1), 132–139.

Djaenudin, M., & Trianggoro, C. (2020). Inovasi Layanan Perpustakaan Khusus Dalam Ekosistem E-Research Dalam Mendukung Open Science: Studi Kasus Perpustakaan PDII LIPI. Al-Maktabah, 19(Mei), 1–15.

Kustandi, C., & Situmorang, R. (2013). Pengembangan Digital Library sebagai Sumber Belajar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 27(18), 66.

Luthfiyah, F. (2016). Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan. El Idare, 1(2), 189–200.

Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 3.

Nafilah, E., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 3(1), 33–44. https://doi.org/10.24952/ktb.v3i1.3062

Putra, A. (2016). Layanan Khusus Peserta Didik (Kesiswaan). Jurnal of Islamic Edcation Management, 2(2), 1–15.

Rafsanjani, A., Sembiring, A. W., Yunita, E., & Zurchairunnisa. (2023). Pentingnya Layanan Khusus di Sekolah dalam Menunjang Pembelajaran Peserta Didik. Journal on Education, 05(03), 6920–6927.

Rizkiyah, R., Istikomah, I., & Nurdyansyah, N. (2020). Strategies to Build a Branding School in Efforts to Improve the Competitiveness of Islamic Education Institutions : Strategi Membangun Branding School dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan Islam. Proceedings of The ICCERRS, 7, 1–7.

Saputra, A., Aulia, & Razi, M. F. (2022). Pentingnya Manajemen Layanan Khusus di Sekolah Bagi Peserta Didik Banjarmasin. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–11.

Sholihah, T. (2018). Strategi Manajemen Humas dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 72–84.

Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2017). Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Yuliana, K., Saryani, S., & Azizah, N. (2019). Perancangan Rekapitulasi Pengiriman Barang Berbasis Web. Jurnal Sisfotek Global, 9(1), 119. https://doi.org/10.38101/sisfotek.v9i1.223

Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah (S. B. Hastuti (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Diterbitkan

21-04-2024

Cara Mengutip

Enjelica, L. K., Eliska, F., & Benty, D. D. N. (2024). Pelatihan Evaluasi Pengembangan Produk Sistem Layanan Khusus E-Recapitulation Of Library’s Visitors Berbasis Digitalisasi di SDN Pisangcandi 1 Mala. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.9