Pengenalan dan Implementasi Sistem Smart Lighting Berbasis IoT melalui Aplikasi App Inventor sebagai Media Edukasi Teknologi bagi Siswa SMA

Penulis

  • Vidia Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Ronal Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Fajri Farid Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Rohmi Dyah Astuti Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Christyan Tamaro Nadeak Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Rizki Yustisia Sari Rekayasa Instrumentasi dan Automasi, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Sofyan Fauzi Dzaki Arif Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Eggi Satria Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Randa Andriana Putra Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia
  • Danang Hilal Kurniawan Sains Data, Institut Teknologi Sumatera, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.3.83

Kata Kunci:

Internet of Things, Rumah Pintar, Smart Lighting, App Inventor, IoT, Siswa SMA

Abstrak

Internet of Things (IoT), sebagai konsep penghubung perangkat fisik melalui internet secara otomatis, membuka peluang signifikan untuk peningkatan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor. Meskipun relevansinya tinggi, literasi digital di kalangan pelajar masih terbatas. Untuk mengetasi kesenjangan ini dan meningkatkan pemberdayaan siswa, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama satu hari di SMA Al Huda Jati Agung, bekerja sama dengan Kepala Sekolah dan guru. Kegiatan ini berfokus pada pengenalan dan demonstrasi implementasi sederhana teknologi IoT pada konsep Smart Lighting menggunakan App Inventor. Metode yang digunakan adalah presentasi interaktif diikuti demonstrasi langsung perangkat. Dampak kegiatan dievaluasi melalui Pre-test dan Post-test, yang secara statistik (Uji Paired Sample T-Test, ) menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman siswa, dengan rata-rata kenaikan skor sebesar 14%. Keberhasilan ini tidak hanya menumbuhkan minat, tetapi secara efektif meletakkan dasar bagi pengembangan keterampilan digital siswa, berkontribusi pada kesiapan mereka menghadapi tantangan era digital, dan mendukung keberlanjutan pemanfaatan teknologi untuk solusi kehidupan sehari-hari.

Referensi

Datar, V. P., Tankasali, A., & Chavan, K. (2021). Smart door lock and lighting system using internet of Things. IARJSET, 8(8). https://doi.org/10.17148/iarjset.2021.8820

Eriyadi, M., Abdullah, A. G., Hasbullah, & Mulia, S. B. (2021). Internet of things and fuzzy logic for smart street lighting prototypes. IAES International Journal of Artificial Intelligence, 10(3). https://doi.org/10.11591/ijai.v10.i3.pp528-535

Fuada, S., Ichsan, I. N., Pratama, H. P., Putri, D. I. H., Suranegara, G. M., Setyowati, E., & Fauzi, A. (2020). Workshop internet-of-things untuk guru dan siswa sekolah menengah di Purwakarta, Jawa Barat, guna menunjang kompetensi era industri 4.0. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2). https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.938

Gowda, D. V., Annepu, A., Ramesha, M., Kumar, P. K., & Singh, P. (2021). IoT enabled smart lighting system for smart cities. Journal of Physics: Conference Series, 2089(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2089/1/012037

Nindayanti, R., & Bernard, M. (2022). Analisis minat belajar siswa smp kelas vii berbantuan mit app inventor pada materi aritmatika sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3).

Risma, R., Farida, F., & Andriani, S. (2021). Android mobile learning: MIT app inventor dan pengembangannya pada pembelajaran matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1). https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8800

Santika, G. D., Amalia, K. N., & Nugraha, T. A. (2022). Peningkatan softskill dengan pengenalan dan pemanfaatan internet of things (IoT) bagi siswa dan guru sekolah dasar. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 6(1). https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1858

Santoso, I. H., Wibowo, T. A., Hanuranto, A. T., Widyadhana, M. A., & Rahmawan, M. A. (2023). Perancangan sistem penyiraman vertical garden berbasis internet of things dan sosialisasi internet of things bagi siswa SMAN 1 Dayeuhkolot. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 6. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v6i0.2067

Shiddiqi, A. M., Ijtihadie, R. M., Ahmad, T., Wibisono, W., Anggoro, R., & Santoso, B. J. (2021). Penggunaan internet dan teknologi IoT untuk meningkatkan kualitas pendidikan. SEWAGATI, 4(3). https://doi.org/10.12962/j26139960.v4i3.7980

Singh, D. (2023). Internet of Things. In Factories of the Future (pp. 195–227). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781119865216.ch9

Syaifurrahman, S., Tjahjamooniarsih, N., Elbani, A., Saleh, M., & Suryadi, D. (2022). Pengenalan dan pelatihan internet of thinks bagi siswa/i sekolah menengah atas negeri 1 Singkawang. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 19(1). https://doi.org/10.29406/br.v19i1.3585

Sabran, F. W., & Rusfian, E. Z. (2023). Penggunaan internet of things pada eFishery untuk keberlanjutan akuakultur di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2).

Diterbitkan

10-12-2025

Cara Mengutip

Vidia, V., Ronal, R., Farid, F., Dyah Astuti, R., Tamaro Nadeak, C., Yustisia Sari, R., Fauzi Dzaki Arif, S., Satria, E., Andriana Putra, R., & Hilal Kurniawan, D. (2025). Pengenalan dan Implementasi Sistem Smart Lighting Berbasis IoT melalui Aplikasi App Inventor sebagai Media Edukasi Teknologi bagi Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 2(3), 135–141. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.3.83

Bagian

Artikel