Perancangan Video Profil Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner dengan Konsep Produksi MAVIB
DOI:
https://doi.org/10.20884/1.jupiter.2.1.67Kata Kunci:
Dinas Perikanan dan Peternakan Banyumas, Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, Konsep Produksi MAVIB, Video ProfilAbstrak
Penelitian ini bertujuan merancang video profil Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, khususnya bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, menggunakan Konsep Produksi MAVIB. Metode yang digunakan meliputi tahapan praproduksi, produksi, dan pascaproduksi dengan mempertimbangkan keterbatasan alat, waktu, serta efektivitas penyampaian pesan visual. Hasilnya adalah video berdurasi 5 menit 48 detik yang menampilkan informasi layanan dinas secara komunikatif dan informatif. Video ini dimanfaatkan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat melalui kanal digital. Luaran ini dinilai mampu meningkatkan efektivitas komunikasi publik dinas terkait layanan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner.
Referensi
Apriliani, Z., Hasanah, U., & Anas, A. S. (2019). Pembuatan Video Profil dengan Efek Vintage Kampung Wisata Adat Sengkoah sebagai Media Informasi. JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(1 SE-Articles), 57–65. https://doi.org/10.35746/jtim.v1i1.15
Hidayat, S., & Suwarno, J. (2023). Media Berbentuk Video Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Dan Promosi. SENIMAN: Jurnal Publikasi Desain Komunikasi Visual, 1(1 SE-Articles), 29–38. https://doi.org/10.59581/seniman-widyakarya.v1i1.91
Ikhsani, A. A., & Saputra, D. I. S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Pada Bisnis Pempek Lestari. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5, 17–26. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v5i1.3382
Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1 SE-Article), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi, K. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Co Management, 2(1), 139–152. https://doi.org/10.32670/comanagement.v2i1.162
Rahartri, R. (2019). Media Komunikasi Efektif pada Layanan Jasa Informasi: Studi Kasus di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek). Media Pustakawan, 26(2 SE-Articles), 109–117. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i2.182
Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi Parenting. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428
Sari, W. P., & Soegiarto, A. (2023). Perancangan Video Safety Briefing Sebagai Media Komunikasi Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) Di Laboratorium Sekolah. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2 SE-Articles), 243–260. https://doi.org/10.21009/COMM.1102.06
Tolan, M. S., Pelleng, F. A. O., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Online Shop Mita (Studi pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan IV Kota Manado). Productivity, 2(5), 360–364.
Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.40424
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sulaiman Alamsyah, Nurul Hidayat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.