Pelatihan Penggunaan Open AI Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru MI Tarbiyatul Muballighin Kabupaten Madiun Pada Proses Pembelajaran

Penulis

  • Hani Atun Mumtahana Sistem Informasi, Universitas PGRI Madiun, Indonesia.
  • Noordin Asnawi Sistem Informasi, Universitas PGRI Madiun, Indonesia.
  • Ina Sunaryatiningsih Teknik Elektro, Universitas PGRI Madiun, Indonesia.
  • Rahmania Kumalasari Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Madiun, Indonesia.
  • Eka Hamdan Rahmawan Sistem Informasi, Universitas PGRI Madiun, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.3.40

Kata Kunci:

abdimas, ChatGPT, MI Tarbiyatul Muballighin, Open AI, Teknologi Informasi

Abstrak

Pada dunia Pendidikan, guru memiliki peran penting untuk menyalurkan ilmu dan pengetahuan kepada siswa/siswi di Sekolah. MI Tarbiyatul Muballighin merupakan salah satu sekolah yang selalu memberikan pendampingan bagi guru untuk meningkatkan pemahan tentang Teknologi Informasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru. Pemanfaatan Open AI sebagai salah satu aplikasi pembantu mencari referensi saat ini menjadi aplikasi yang banyak digunakan berbagai pihak. Namun dengan adanya aplikasi Open AI, guru harus tetap memiliki sumber referensi yang valid, seperti buku, modul dan jurnal. Pendampingan pada guru untuk menggunakan Open AI dalam proses pembelajaran pada kegiatan abdimas ini bertujuan untuk mengenalkan pada guru tentang teknologi Open AI (ChatGPT) yang dapat digunakan untuk mencari materi yang akan disampaikan pada saat pembelajaran. Namun guru harus memastikan materi yang didapatkan dari aplikasi Open AI sudah sesuai dengan sumber revenesi yang valid. Evaluasi keberhasilan pelatihan dilakukan dengan memberikan survey pretest dan posttest tentang pemahaman yang diisi guru peserta pelatihan. Hasil evaluasi dari pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 85% dari pemahaman guru terhadap literasi digital untuk meningkatkan inovasi guru dalam penyampaian materi pembelajaran.

Referensi

Bria, Y. P., Hoar Siki, Y. C., & Andrianus Nani, P. (2024). Pelatihan Penggunaan Aplikasi AI Bagi Para Guru SMPN SATAP Lorobauna Dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 580–587. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2679

Fitriyani , F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 201–208. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i2.1088

Kristianti, T. (2023). Implementasi Artificial Intelegence (Ai) Dalam Dunia Pendidikan Di Era Society 5.0. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan – Universitas Terbuka , 15(1), 145–155.

Mumtahana, H. A., Rudyanto, H. E., Pamungkas, R., & Pradana, L. N. (2022). Analisis Kesiapan Sekolah Dasar di Kota Madiun Pada Proses Pembelajaran Daring. SENDIKO (Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer), 58–66. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/sendiko/article/view/2249/1903

Mursidin, M., Imran, M. C., Indahyanti, R., Nurjannah, S., & Digital, L. (2023). Penguatan Literasi Digital Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom. 4(2), 3165–3170.

Patty, J., & Lekatompessy, J. (2024). Pelatihan Penggunaan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru SD Negeri Tiakur. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(3), 18–24. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i3.726

Sari, N., Maita, I., Syaifullah, S., & Megawati, M. (2023). Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF ADM. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 9(1), 8. https://doi.org/10.24014/rmsi.v9i1.19883

Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat Gpt Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Education Research and Development, 7(2).

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/17799

Wulandari, T. R., Wijaya, A., Hayati, R., & ChatGPT, O. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantuan Openai : Chatgpt Dalam Pengajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Sekolah. Pasalnya. 04(02), 401–412.

Zein, A. (2023). Dampak Penggunaan ChatGPT pada Dunia Pendidikan. JITU: Jurnal Informatika Utama, 1(2), 19–24. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/jitu/article/view/151

Diterbitkan

20-01-2025

Cara Mengutip

Mumtahana, H. A., Asnawi, N., Sunaryatiningsih, I., Kumalasari, R., & Rahmawan, E. H. (2025). Pelatihan Penggunaan Open AI Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru MI Tarbiyatul Muballighin Kabupaten Madiun Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(3), 111–117. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.3.40