E-Samsat Delivery Sebagai Media Layanan Digital Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Bappenda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)

Penulis

  • Tri Utami Widyastuti Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadyah Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Radiatul Adawiah Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadyah Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Puja Astuti Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadyah Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia
  • Muhammad Aprian Jailani Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadyah Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.2.17

Kata Kunci:

Bappenda NTB, e-Samsat Delivery, Inovasi, Pajak

Abstrak

Aplikasi e-Samsat Delivery merupakan inovasi dalam pelayanan publik yang diperkenalkan oleh Bappenda Provinsi NTB sebagai media layanan digital untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) secara online tanpa perlu antri dan dapat dilakukan dimana saja. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak secara online dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk lebih mengenalkan aplikasi e-Samsat Delivery kepada masyarakat yang belum mengetahui cara penggunaan maupun belum mengenal aplikasi e-samsat delivery, berdasarkan posisi masyarakat dan masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui tentang e-samsat delivery, pengenalan tentang e-Samsat Delivery perlu dilakukan. Tujuan dari e-Samsat Delivery adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam proses pembayaran pajak kendaraan bermotor, serta meminimalisir angka pemutihan atau tunggakan pembayaran pajak di masyarakat NTB. Dalam jurnal ini, disajikan hasil kegiatan pengenalan e-Samsat Delivery di kawasan kampus Muhammadyah Mataram, yang melibatkan pembagian brosur dan penjelasan tentang fitur-fitur serta manfaat penggunaan aplikasi ini. Berbagai fitur disediakan aplikasi e-samsat delivery, seperti pelayanan pajak terdiri dari order, status, dan riwayat order dan pelayanan informasi yang terdiri dari lokasi samsat, panduan dan informasi. Diharapkan dengan adanya e-Samsat Delivery, kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat meningkat, sehingga dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pelayanan publik di Bappenda Provinsi NTB.

Referensi

Ali, M., Awaluddin, M., & Salam, A. (2019). Efektivitas Pelayanan Digital Program Samsat Keliling Di Kota Mataram. 7, 1–12.

Darmawan, D. (2018). Inovasi Sektor Publik Dalam Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Kota Makassar.

Faturahman, D. T., Munir, S., & Vestikowati, E. (2023). The Indonesian Journal Of Politics And Policy Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Samsat Delivery Ciamis Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Ciamis. 5(2). Https://Journal.Unsika.Ac.Id/Index.Php/Ijpp

Hartanti, Karina Alviani, R., & Ratiyah. (2020). Pengaruh Samsat Keliling, Samsat Drive-Thru, E-Samsat. 5(1), 125–136.

Maulana, D., Armida, I., Aji, P., & Budiwati, S. D. (2016). Aplikasi Panduan Pembayaran Pajak Kendaraan Berbasis Android. 2, 122.

Mustofa, Z., & Niswah, F. (2017). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Mini (Samin) Di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Bojonegoro. 5(1). Www.Ombudsman.Go.Id

Nurhayati, P. K., & Taubih, L. A. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Unit Pelayanan Teknis Badan – Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa Di Masa Pandemi Covid – 19 Tahun 2020-2021). 4.

Oktavianto, N., Afifah, N., Sari Den Ka, V., & Bosowa, P. (2021). Efektivitas Penerimaan E-Samsat Sebagai Media Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Pkb). Jurnal Pabean, 3(2).

Pohan, S., Ivana, R., & Kurniasih, F. (2023). Sistem E-Samsat Sumatera Utara Bermartabat: Sebuah Inovasi Untuk Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Sosial Politik, 01(02), 116–126.

Safitri, E., Reginaldis, M. M., Dumatubun, N. F. M. L., Tinggi, S., Karya, I. A., & Merauke, D. (2021). Implementasi Inovasi Samsat Delivery Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Pada Kantor Bersama Samsat Merauke. Journal Administration And Public Service, 2. Http://Ejurnal.Ung.Ac.Id/Index.Php/Jjaps/Index

Tia Pradilla, L. (2022). Implementasi E-Government Pada Pelayanan E-Samsat Dalam Menciptakan Good Governance Pada Kantor Samsat Surabaya Timur. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11(4).

Diterbitkan

27-08-2024

Cara Mengutip

Widyastuti, T. U., Adawiah, R., Astuti, P., & Jailani, M. (2024). E-Samsat Delivery Sebagai Media Layanan Digital Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Di Bappenda Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.2.17