Pelatihan Perancangan Lampu LED Berbasis Arduino Uno Pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Jihad
DOI:
https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.12Kata Kunci:
Arduino Uno, Lampu LED, MadrasahAbstrak
Pelatihan ini dilatar belakangi oleh data observasi hasil belajar peserta pada pelatihan perancangan LED berbasis Arduino. Pelatihan ini dilakukan pada kelas X Siswa/i Madrasah Aliyah Al-Jihad Jakarta Utara dengan jumlah peserta 15 orang. Untuk merespons hal itu maka diadakan pelatihan perancangan LED berbasis Arduino untuk dapat memahami pelatihan tersebut dengan baik dan sesuai prosedur agar dapat memperoleh hasil yang akurat. Metode yang digunakan pada pelatihan yaitu penyampaian materi, diskusi, dan bimbingan praktik dengan dibagi 2 kelompok. Peserta diminta untuk dapat mengoperasikan LED berbasis Arduino sesuai dengan ketentuan dan materi yang telah disampaikan. Dan hasil kegiatan pelatihan ini mendapatkan rata-rata pemahaman peserta tentang pelatihan perancangan lampu LED berbasis Arduino setelah melakukan pelatihan ini dari 15 peserta bahwa sebanyak 82 % siswa yang paham tentang arduino, 90 % siswa paham tentang LED dan 80% siswa paham tentang progrograman dan yang tidak paham 0 % .Hal ini membuktikan peserta sekolah menengah akhir mampu menggunakan rancangan LED berbasis Arduino dan menyatakan bahwa materi pelatihan manambah pengetahuan, mudah dipahami dan diaplikasikan.
Referensi
Alam, Y. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 4(3); 282-288
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Mahasiswa Didik. Jurnal Pendidikan,21(1),51-63.https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.7 46.2020
Elly, M. J., Emillia, E., Husada, H., Asri, Y., Hartanti, D., Sikumbang, H., & Kuswardani, D. (2019). Pelatihan Aplikasi Untuk Industri Berbasis Arduino di SMK Letris Tangerang Selatan. Jurnal SOLMA, 8(2), 278. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3345
Reski, M., & Budayawan, K. (2021). Smart Traffic Light Berbasis Arduino. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 16. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.112656
Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.31
Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i 2.1847
Munthe, M., & Lase, F. (2022). Faktor- Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Kegiatan Belajar Mahasiswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 216–225. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.30
Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.1
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mardiana Ningsih, Syabila Suzela Fazriah, Imas Ratna Ermawati, Sholehudin Sholehudin, Rafi Syauqi Ramadhan, Fatimah Azzahra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.