Pelatihan Perancangan Lampu LED Berbasis Arduino Uno Pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Jihad

Penulis

  • Mardiana Ningsih Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, Indonesia.
  • Syabila Suzela Fazriah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, Indonesia.
  • Imas Ratna Ermawati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, Indonesia.
  • Sholehudin Sholehudin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, Indonesia.
  • Rafi Syauqi Ramadhan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, Indonesia.
  • Fatimah Azzahra Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.12

Kata Kunci:

Arduino Uno, Lampu LED, Madrasah

Abstrak

Pelatihan ini dilatar belakangi oleh data observasi hasil belajar peserta pada pelatihan perancangan LED berbasis Arduino. Pelatihan ini dilakukan pada kelas X Siswa/i Madrasah Aliyah Al-Jihad Jakarta Utara dengan jumlah peserta 15 orang. Untuk merespons hal itu maka diadakan pelatihan perancangan LED berbasis Arduino untuk dapat memahami pelatihan tersebut dengan baik dan sesuai prosedur agar dapat memperoleh hasil yang akurat. Metode yang digunakan pada pelatihan yaitu penyampaian materi, diskusi, dan bimbingan praktik dengan dibagi 2 kelompok. Peserta diminta untuk dapat mengoperasikan LED berbasis Arduino sesuai dengan ketentuan dan materi yang telah disampaikan. Dan hasil kegiatan pelatihan ini mendapatkan rata-rata pemahaman peserta tentang pelatihan perancangan lampu LED berbasis Arduino setelah melakukan pelatihan ini dari 15 peserta bahwa sebanyak 82 % siswa yang paham tentang arduino, 90 % siswa paham tentang LED dan 80% siswa paham tentang progrograman dan yang tidak paham 0 % .Hal ini membuktikan peserta sekolah menengah akhir mampu menggunakan rancangan LED berbasis Arduino dan menyatakan bahwa materi pelatihan manambah pengetahuan, mudah dipahami dan diaplikasikan.

Referensi

Alam, Y. (2019). Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 4(3); 282-288

Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Model Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Mahasiswa Didik. Jurnal Pendidikan,21(1),51-63.https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.7 46.2020

Elly, M. J., Emillia, E., Husada, H., Asri, Y., Hartanti, D., Sikumbang, H., & Kuswardani, D. (2019). Pelatihan Aplikasi Untuk Industri Berbasis Arduino di SMK Letris Tangerang Selatan. Jurnal SOLMA, 8(2), 278. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3345

Reski, M., & Budayawan, K. (2021). Smart Traffic Light Berbasis Arduino. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(3), 16. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i3.112656

Indrawati, E. S., & Nurpatri, Y. (2022). Problematika Pembelajaran IPA Terpadu (Kendala Guru Dalam Pengajaran IPA Terpadu). Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 226–234. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.31

Masril, M., Dakhi, O., Nasution, T., Ambiyar. (2020). Analisis Gender Dan Intellectual Intelligence Terhadap Kreativitas. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18 (2), 182-191. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i 2.1847

Munthe, M., & Lase, F. (2022). Faktor- Faktor Dominan Yang Mempengaruhi Kegiatan Belajar Mahasiswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 216–225. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.30

Zagoto, M. M. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Word Square. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.1

Diterbitkan

21-04-2024

Cara Mengutip

Ningsih, M., Fazriah, S. S., Ermawati, I. R., Sholehudin, S., Ramadhan, R. S., & Azzahra, F. (2024). Pelatihan Perancangan Lampu LED Berbasis Arduino Uno Pada Siswa Madrasah Aliyah Al-Jihad. Jurnal Pengabdian Masyarakat Terapan, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.20884/1.jupiter.1.1.12